Follow Us:
  • Visi dan Misi

    Jalan 3

    Visi kota Sorong adalah :

    “Terwujudnya Kota Sorong Sebagai Kota Termaju Di Tanah Papua”

    Adapun arti dan makna dari pernyataan visi di atas adalah dengan pembangunan yang dilakukan selama kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan Kota Sorong harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat.  Dengan pengertian “Termaju” di sini adalah kemajuan di segala bidang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinanaan kehidupan kemasyarakatan.

    Visi tersebut di atas  diwujudkan dengan misi:
    1. Meningkatnya infrastruktur dasar perkotaan
    2. Meningkatnya pengembangan social dan kesehatan masyarakat
    3. Meningkatnya kualitas sumber daya manusia
    4. Meningkatkan perekonomian dan jasa
    5. Meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan
    6. Meningkatkan supremasi hukum
    7. Meningkatkan pelayanan publik
    8. Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
    9. Peningkatan dan pengembangan pariwisata, budaya, pemuda dan olahraga

    MISI
    Untuk mewujudkan tercapainya Visi di atas, maka perlu ditetapkan strategi dan cara yang harus ditempuh yang dapat dilaksanakan, terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan konstitusional yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan daerah, maka perlu ditetapkan Misi yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari Visi. Misi ini dapat dijabarkan sebagai berikut :
    1.  Meningkatnya infrastruktur dasar perkotaan
    2.  Meningkatnya pengembangan social dan kesehatan masyarakat
    3.  Meningkatnya kualitas sumber daya manusia
    4.  Meningkatkan perekonomian dan jasa
    5.  Meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan
    6.  Meningkatkan supremasi hukum
    7.  Meningkatkan pelayanan publik
    8.  Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
    9.  Peningkatan dan pengembangan pariwisata, budaya, pemuda dan olahraga

    Maksud dari masing-masing misi tersebut diatas adalah sebagai berikut :

    1. Meningkatnya infrastruktur dasar perkotaan yang memadai, dalam rangka aksebilitas pelayanan kebutuhan dasar rakyat dan penanggulangan kemiskinan masyarakat perkotaan,maka pemerintah daerah mempunyai tanggungjawab moral menyediakan infrastruktur perkotaan yang memadai dalam rangka menjawab permasalahan utama pembangunan tercapai yaitu kesejahteraan dan kemakmuran.
    2. Meningkatnya pengembangan social dan kesehatan masyarakat, pembangunan kesehatan sosial masyarakat merupakan upaya Pemerintah Kota Sorong untuk meningkatkan kehidupan harmoni sosial masyarakat melalui peningkatan dan pemantapan sarana dan prasarana kesehatan yang tersedia serta terjangkau oleh masyarakat.
    3. Meningkatnya kualitas sumber daya manusia, sumber daya manusia merupakan prioritas Pemerintah Daerah Kota Sorong dalam rangka meningkatkan aparatur yang berkualitas dan profesional.
    4. Meningkatnya perekonomian dan jasa, pembangunan ekonomi pada hakikatnya merupakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan dan pemantapan pendapatan masyarakat. Pembangunan ekonomi di dasarkan pada sistem ekonomi kerakyatan dan pengembangan sektor unggulan terutama sektor jasa yang banyak menyerap tenaga kerja yang berorientasi pada ekspor yang didukung dengan peningkatan sumber daya manusia dan teknologi untuk memperkuat landasan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan daya saing yag berorientasi pada globalisasi ekonomi.
    5. Meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan, Pembangunan berwawasan lingkungan atau yang disebut berkelanjutan adalah usaha untuk meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan mempertahankan faktor lingkungan untuk memenuhi kebutuhan masa kini maupun masa yang akan datang. Upaya ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Sorong bertujuan mewujudkan lingkungan yang, bersih, sehat dan nyaman.
    6. Meningkatkan supremasi hukum, penegakan hukum merupakan komitmen Pemerintah Daerah Kota Sorong konsent meminimalisir hal-hal yang sering timbul dan bertentangan serta mengabaikan hak-hak dasar masyarakat.
    7. Meningkatkan pelayanan publik, upaya Pemerintah meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Kota Sorong, ini merupakan prinsip-prinsip tata pemerintahan (Good Governance) artinya bagaimana Pemerintah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Sorong.
    8. Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, untuk dapat menciptakan suasana yang harmonis, tertib, damai serta nyaman bagi masyarakat Kota Sorong maka peran Pemerintah Daerah Kota Sorong memberikan kesadaran tentang pemahaman ideologi kebangsaan dalam rangka merkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
    9. Peningkatan dan pengembangan pariwisata, budaya, pemuda dan olahraga, mengingat letak Kota Sorong yang sangat strategis (entry point) maka Pemerintah Daerah dipacu untuk menyiapkan infrastruktur dasar yang memadai sehingga semua sektor khususnya sektor pariwisata, budaya dan olahraga menjadi perhatian Pemerintah Daerah dan tidak terlepas dari pengembangan budaya setempat sesuai dengan potensi masyarakat perkotaaan.
    Komentar Anda

    Kegiatan Walikota & Wakil

    Facebook Fanspage

    Herryanus Widjasena membagikan foto ke Kronologi Humas Sorong Kota. ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Humas Sorong Kota memperbarui foto sampulnya. ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD KOTA SORONG MASA SIDANG TAHUN 2017
    =============================================
    Sorong,(17/05). Bertempat di ruangan sidang utama, kantor DPRD Kota Sorong, dilakasanakan rapat paripurna dalam rangka penyerahan keputusan DPRD Kota Sorong tentang rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan Walikota Sorong periode 2012-2017.

    Dihadari Walikota Sorong Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM, Wakil Walikota Sorong dr. Hj Pahima Iskandar, Ketua DPRD Petronela Kambuaya, S.Pd, Wakil Ketua Denny Mamusung, serta para Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, dan Pimpinan SKPD dilingkungan pemerintah kota sorong.
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Selamat Sore....Bapak Ibu Sodara/i yang saya hormati mohon perhatian sebuah pemberitahuan atau pengumuman bahwa Aksi Damai untuk keutuhan NKRI dan pembakaran 1000 lilin untuk ahok akan dilakssanakan pada:

    Hari / Tanggal : Sabtu, 13 Mei 2017
    Jam : 16.00 WIT ( 4 Sore)
    Tempat : Lapangan Hocky Kota Sorong Papua Barat

    Agenda Acara :

    1. Menyanyikan Lagu - lagu kebangsaan atau lagu perjuangan

    2. Orasi Aksi Damai.

    3. Pembakaran Lilin Jam 19.00 WIT ( 7 Malam).

    Oleh sebab itu diharapkan Bp, Ibu, Sodara/ i Warga Kota Sorong untuk hadir dalam kegiatan dimaksud demikian terimakasih.

    ✌️✌️✌️
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    KERJA BAKTI
    <><><><><><><><><><><><><>
    Kamis, 11 Mei 2017
    Keluarga besar PT.Pelindo IV (Persero) Cabang Sorong melaksanakan kerja bakti di
    Jl. A.Yani, depan Pelabuhan Laut Kota Sorong.

    "Mari Kita Bersama-Sama Menjaga Kebersihan Kota Sorong"
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook
     
    Copyright © 2013 - 2014 | Website Resmi Pemerintah Kota Sorong
    Website ini dikelola oleh Kantor PDE Kota Sorong