Follow Us:
  • Sejarah

    LATAR BELAKANG

    Nama Sorong berasal dari  Kota SOREN. Soren dalam bahasa Biak  Numfor yang berarti Laut yang dalam zaman dahulu  dengan perahu–perahu layar dari satu pulau ke pulau lain sehingga tiba dan menetap  di – Kepulauan Raja Ampat. Suku Biak Numfor inilah yang  memberi nama “ Daratan Maladum “ dengan sepengembangan-pelabuhan-sorong-terganjal-infrastrukturbutan SOREN yang kemudian dilafalkan oleh para pedagang Thionghoa, Misionaris dari Eropa. Maluku dan Sanger Talaut  dengan sebutan Sorong.
    Letak Kota Sorong sangatlah strategis karena merupakan pintu keluar masuk Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan  dikelilingi oleh Kabupaten – Kabupaten yang mempunyai Sumber Daya Alam yang sangat potensial sehingga membuka peluang bagi Investor dalam maupun Luar Negeri untuk menanamkan modalnya.

    SEJARAH LAHIRNYA KOTA SORONG

    Kota Sorong pada mulanya merupakan salah satu Kecamatan yang di jadikan pusat pemerintahan Kabupaten Sorong , namun dalam perkembangannya telah mengalami perubahan sesuai Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 1996  tanggal 03 Juni 1996 menjadi Kota Administratif  Sorong. Selanjutnya berdasarkan UU No. 45 Tahun 1999 Kota Administratif Sorong  ditingkatkan statusnya menjadi daerah otonom sebagai Kota Sorong. Kemudian tanggal 12 Oktober 1999 bertempat di Jakarta dilaksanakan pelantikan pejabat Walikota Sorong Drs. J. A. JUMAME, MM dan selanjutnya secara resmi Kota Sorong terpisah dari Kabupaten Sorong pada tanggal 28 bulan Februari tahun 2000.

    Komentar Anda

    Kegiatan Walikota & Wakil

    Facebook Fanspage

    Herryanus Widjasena membagikan foto ke Kronologi Humas Sorong Kota. ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Humas Sorong Kota memperbarui foto sampulnya. ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD KOTA SORONG MASA SIDANG TAHUN 2017
    =============================================
    Sorong,(17/05). Bertempat di ruangan sidang utama, kantor DPRD Kota Sorong, dilakasanakan rapat paripurna dalam rangka penyerahan keputusan DPRD Kota Sorong tentang rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan Walikota Sorong periode 2012-2017.

    Dihadari Walikota Sorong Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM, Wakil Walikota Sorong dr. Hj Pahima Iskandar, Ketua DPRD Petronela Kambuaya, S.Pd, Wakil Ketua Denny Mamusung, serta para Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, dan Pimpinan SKPD dilingkungan pemerintah kota sorong.
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Selamat Sore....Bapak Ibu Sodara/i yang saya hormati mohon perhatian sebuah pemberitahuan atau pengumuman bahwa Aksi Damai untuk keutuhan NKRI dan pembakaran 1000 lilin untuk ahok akan dilakssanakan pada:

    Hari / Tanggal : Sabtu, 13 Mei 2017
    Jam : 16.00 WIT ( 4 Sore)
    Tempat : Lapangan Hocky Kota Sorong Papua Barat

    Agenda Acara :

    1. Menyanyikan Lagu - lagu kebangsaan atau lagu perjuangan

    2. Orasi Aksi Damai.

    3. Pembakaran Lilin Jam 19.00 WIT ( 7 Malam).

    Oleh sebab itu diharapkan Bp, Ibu, Sodara/ i Warga Kota Sorong untuk hadir dalam kegiatan dimaksud demikian terimakasih.

    ✌️✌️✌️
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    KERJA BAKTI
    <><><><><><><><><><><><><>
    Kamis, 11 Mei 2017
    Keluarga besar PT.Pelindo IV (Persero) Cabang Sorong melaksanakan kerja bakti di
    Jl. A.Yani, depan Pelabuhan Laut Kota Sorong.

    "Mari Kita Bersama-Sama Menjaga Kebersihan Kota Sorong"
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook
     
    Copyright © 2013 - 2014 | Website Resmi Pemerintah Kota Sorong
    Website ini dikelola oleh Kantor PDE Kota Sorong