Follow Us:
  • Arti dan Makna Lambang

     logo_kota

    Lambang Daerah berbentuk perisai bersudut 5 (lima) yang melambangkan kesiapan dan ketahanan terhadap ketentraman dan ketertiban kota. Warna dasar Perisai adalah Biru Langit yang melambangkan kedamaian, sedangkan garis tepi yang berwarna hitam melambangkan keteguhan dan keyakinanan akan tercapainya cita-cita. Pada bagian atas lambang terdapat tulisan “KOTA SORONG” dengan warna hitam dan pada bagian bawah dilingkari pita berwarna putih dengan tepi berwarna hitam bertuliskan “SETARA-BERSAHABAT-DINAMIS” yang merupakan Motto Kota Sorong.

    Lambang Daerah Kota Sorong terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut :

    • Dasar/wadah lambang berbentuk perisai berpagu/bersudut 5 (lima) yang melambangkan kesiapan dan ketahanan terhadap ketentraman dan ketertiban Kota Sorong
    • Warna dasar perisai adalah biru langit yang melambangkan kedamaian, sedangkan garis tepi/bis warna hitam melambangkan keteguhan dana keyakinan akan tercapainya cita-cita
    • Padi berisi 17 (tujuh belas) butir bewarna kuning dan serangkaian buah kapas yang terdiri dari 8 (delapan) buah warna putih bertangkai/berkelopak hijau yang terdapat di sebelah kiri melambangkan cita-cita luhur berdasarkan jiwa dan semangat 17 Agustus 1945 untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Sedangkan sumbu bintang berwarna kuning bersudut 5 (lima) melambangkan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia
    • Pita/selendang berwarna putih dengan garis tepi berwarna hitam yang di tengahnya bertuliskan “SETARA-BERSAHABAT-DINAMIS” merupakan Motto Kota Sorong yang mempunyai filosofi sebagai berikut:
      SETARA
      Bahwa Kota Sorong dihuni berbagai etnis, religius, status dan latar belakang yang berbeda, semuanya ingin hidup dan berkarya berdampingan di Kota Sorong.
      BERSAHABAT
      Setiap warga kota wajib menjalani hubungan persahabatan dalam kehidupan yang harmonis, peduli terhadap sesama warga, saling menghargai, menghormati dan cinta damai
      DINAMIS
      Bahwa masyarakat Kota Sorong sebagaimana halnya dengan warga kota lain yang ingin maju, membangun dan meningkatkan taraf hidup, ingin menjadi masyarakat yang mampu mandiri dna dinamis dlaam berbagai aspek kehidupan
    • Tifa dan gendang berwarna coklat yang berdiri sama tinggi/setara selain merupakanlambang kebudayaan dan pintu gerbang juga mencerminkan bahwa Kota Sorong dibangun atas 2 (dua) pilar yaitu pilar Papua yang dilambangkan dengan tifa dan pilar Non Papua yang dilambangkan dengan gendang
    • Roda dinamika pembangunan berwarna putih dengan lis warna hitam melambangkan bahwa Pemerintah dan masyarakat Kota Sorong dengan penuh keyakinan tulus akan terus meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan.
    • Lingkaran bergambar tali warna kuning melambangkan ikatan persahabatan, kebersamaan dan persatuan.
    • Bangunan gedung bertingkat berwarna abu-abu yang di depannya terlihat gambar kapal laut melambangkan/mencerminkan :

    - Kota Sorong sebagai pintu gerbang masuk dan keluar kapal laut ke Papua
    – Kota Sorong sebagai kota perdagangan, industri dan jasa
    – Kota Sorong siap berkiprah dalam pembangunan dalam segala bidang
    – Susunan batu bata berwarna oranye berjumlah 28 (dua puluh delapan) menunjukan bahwa pada tanggal 28
    Februari 2008 sebagai momentum terbentunya Kota Sorong.

    Komentar Anda

    Kegiatan Walikota & Wakil

    Facebook Fanspage

    WALIKOTA SORONG MENINJAU PEMBANGUNAN PASAR REMU DAN PASAR MODERN
    =============================================
    Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M melakukan turun lapangan untuk meninjau pembangunan sarana publik, Pasar Remu dan Pasar Modern Rufei, Senin (20/11).

    Dalam tinjauan ke pasar remu yang dilakukan bersama Dinas PU dan Dinas Perdagangan Kota Sorong, Wali Kota memerintahkan dinas terkait untuk segera melakukan pendataan.

    "Kita bangun sesuatu harus dilihat secara dekat, Kalau tidak, apa artinya sesuatu yang kita bangun di daerah ini. Jadi kita harus melihat pasar remu yang beberapa waktu lalu terbakar dan sudah kita renovasi kembali. Pasar remu sudah selesai dan saya perintahkan secepatnya dinas teknis untuk melakukan pendataan dan penginputan SK agar saya tanda tangani dan lapak dibagi sesuai kepemilikan awal," Kata Walikota.

    Mama-mama Papua yang menjadi prioritas utama mengajukan keberatan dan dianggap wajar oleh wali kota. "Keluhan itu wajar, jadi Pemerintah sebagai tempat penampung aspirasi harus mendengar. Mereka hanya mengeluh untuk perbaikan tempat yang mereka pakai untuk berjualan saat ini. Mereka tidak mau kemana2. Mereka tetap ingin ada di tempat yang sekarang, hanya saja mereka minta agar dibuat jd bagus," Ucap Wali Kota.

    Wali Kota mengungkapkan agar mama Papua memberikan kesempatan kepadanya untuk meresmikan pasar modern rufei, lalu mama Papua pindah ke pasar modern dari pasar remu agar pasar remu dapat disusun dan ditata bagus.
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    KOTA SORONG MENDAPAT KUNJUNGAN DARI TARUNA KRI ABDUL HALIM PERDANA KUSUMA
    ============================================
    Pemerintah Kota Sorong menyambut dengan hangat kedatangan Taruna AAL tingkat IV angkatan 63 tahun 2017 di Kota Sorong. Dalam kunjungan ke Kantor Wali Kota Sorong, taruna bersama Komandan KRI, beserta perwira pendamping diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Sorong Dra. Welly Tigtigweria, di dampingi Asisten III, serta beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, bertempat diruang Anggrek, Kamis (16/11).

    Komandan KRI Abdul Halim Perdana Kusumah Letkol Laut (P) Tunggul mengatakan, tujuan kedatangan taruna di Sorong untuk melakukan kegiatan silaturahmi dengan beberapa Kepala Daerah, Danrem, Kapolres dan Muspida lainnya. Selain itu juga akan melakukan promosi ke beberapa sekolah yang ada di Kota dan Kabupaten Sorong.

    Dihadapan taruna, Sekda Kota Sorong mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi kedatangan taruna. Pemerintah Kota Sorong juga mendukung kegiatan yang akan dilakukan selama berada di Sorong.
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    SELAMAT MEMASUKI BULAN NATAL 2017. ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Info Bimtek Andalas Institut LPP Akreditasi "B" LKPP RI 3 : ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Info Bimtek Andalas Institut LPP Akreditasi "B" LKPP RI 2 : ... See MoreSee Less

    View on Facebook
     
    Copyright © 2013 - 2014 | Website Resmi Pemerintah Kota Sorong
    Website ini dikelola oleh Kantor PDE Kota Sorong