Follow Us:
  • Sosialisasi UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang” Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota”

    Ditulis pada : September 1st, 2016 | Penulis : Riska Humas | Kategori : Berita, Politik

    14224814_892820624155395_9070689881943807743_nMenuju pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota periode 2017-2022 pada bulan Februari tahun 2017, pemerintah provinsi papua Barat melalui Biro Hukum Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Sosialisasi Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti undang-undang Nomor 1 tahun 2014 tentang ” Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang, dibuka Gubernur provinsi Papua Barat yang diwakili Asisten I bidang Pemerintahan Setda Kota Sorong Drs.Ismail Lutuconsina kamis (01/09) di Gedung Samu Siret Kota Sorong.

    14199750_892820490822075_7072764093401478216_nUntuk menyukseskan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, semua elemen serta pemangku kepentingan harus mengetahui, memahami serta mengamalkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga kegiatan sosialisasi dimaksudkan dapat menjadi wahana, forum serta media untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi terkait kebijakan pemerintah tentang pemilihan umum kepala daerah sekaligus forum untuk menyamakan persepsi dan pemahaman pandangan terhadap undang-undang tersebut, demikian disampaikan ketua panitia Soleman Jitmau, S.IP.MAP dalam laporannya.

    Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Kota Sorong Drs. Ismail Latuconsina mengatakan dalam rangka mewujudkan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang demokratis perlu adanya regulasi yang memadahi yang dijadikan landasan pijak dalam penyelenggaraannya. Sehubungan dengan itu pemerintah telah membuat aturan pelaksanaanya yakni dengan membentuk undang-undang Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota, namun seiring dengan perubahan dan pergeseran dinamika politik dan demokrasi di tengah-tengah masyarakat, undang-undang Nomor 1 tahun 2014 dipandang belum sempurna, masih terdapat beberapa ketentuan dalam subtansinya yang perlu untuk dilakukan perubahan, penyempunaan sehingga dibentuklah undang-undang Nomor 1 tahun 2015, undang-undang ini pun masih di rasa belum sempurna sehingga kini telah lahir undang-undang Nomor 10 tahun 2016 sebagai perubahan atas undang-undang Np 1 tahun 2014 dan undang-undang No 1 tahun 2015.

    Dalam undang-undang No 10 tahun 2016 ini diharapkan dapat mewujudkan pelaksanaan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota secara lebih demokratis. Sebab penyelenggaraan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota itu sendiri bertujuan untuk memilih pemimpin di daerah yang memperoleh dukungan kuat dari rakyat, sehingga mampu menjalankan fungsi kekuasaan pemerintahan daerah dalam rangka tercapainya tujuan untuk memajukan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat.
    Sebelum mengakhiri sambutannya Gubernur berharap KPU sebagai penyelenggara yang independen juga akan mensosialisasikan ketentuan-ketentuan tentang Pilkada secara lebih luas.
    Diakhir sambutannya Gubernur berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik agar nantinya dapat mensosialisasikannya juga kepada masyarakat dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

     

    Komentar Anda

    Leave a Reply

    Video Profil Kota Sorong

    Kegiatan Walikota & Wakil

    Facebook Fanspage

    Herryanus Widjasena membagikan foto ke Kronologi Humas Sorong Kota. ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Humas Sorong Kota memperbarui foto sampulnya. ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD KOTA SORONG MASA SIDANG TAHUN 2017
    =============================================
    Sorong,(17/05). Bertempat di ruangan sidang utama, kantor DPRD Kota Sorong, dilakasanakan rapat paripurna dalam rangka penyerahan keputusan DPRD Kota Sorong tentang rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan Walikota Sorong periode 2012-2017.

    Dihadari Walikota Sorong Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM, Wakil Walikota Sorong dr. Hj Pahima Iskandar, Ketua DPRD Petronela Kambuaya, S.Pd, Wakil Ketua Denny Mamusung, serta para Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, dan Pimpinan SKPD dilingkungan pemerintah kota sorong.
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Selamat Sore....Bapak Ibu Sodara/i yang saya hormati mohon perhatian sebuah pemberitahuan atau pengumuman bahwa Aksi Damai untuk keutuhan NKRI dan pembakaran 1000 lilin untuk ahok akan dilakssanakan pada:

    Hari / Tanggal : Sabtu, 13 Mei 2017
    Jam : 16.00 WIT ( 4 Sore)
    Tempat : Lapangan Hocky Kota Sorong Papua Barat

    Agenda Acara :

    1. Menyanyikan Lagu - lagu kebangsaan atau lagu perjuangan

    2. Orasi Aksi Damai.

    3. Pembakaran Lilin Jam 19.00 WIT ( 7 Malam).

    Oleh sebab itu diharapkan Bp, Ibu, Sodara/ i Warga Kota Sorong untuk hadir dalam kegiatan dimaksud demikian terimakasih.

    ✌️✌️✌️
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    KERJA BAKTI
    <><><><><><><><><><><><><>
    Kamis, 11 Mei 2017
    Keluarga besar PT.Pelindo IV (Persero) Cabang Sorong melaksanakan kerja bakti di
    Jl. A.Yani, depan Pelabuhan Laut Kota Sorong.

    "Mari Kita Bersama-Sama Menjaga Kebersihan Kota Sorong"
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook
     
    Copyright © 2013 - 2014 | Website Resmi Pemerintah Kota Sorong
    Website ini dikelola oleh Kantor PDE Kota Sorong