Follow Us:
  • Provinsi Papua Barat Berikan Bantuan Kepada 6 Kabupaten dan 1 Kota

    Ditulis pada : August 19th, 2016 | Penulis : Riska Humas | Kategori : Berita, Ekonomi

    13995587_883356478435143_2811471286549539708_o 14047341_883356525101805_9009644712990297540_oAtas nama Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam hal ini Gubernur Provinsi Papua Barat “Abraham O. Atururi” menyerahkan bantuan hibah pengadaan perahu fiber dan motor tempel 15 PK untuk kelompok masyarakat di 6 Kabupaten dan 1 Kota, bantuan perahu longboat dan motor tempel 40 PK juga akan diberikan bagi Kepala Distrik di 6 Kabupaten. Penyerahan bantuan berlangsung Jumat (19/8) kemarin di Pelabuhan Perikanan Sorong. Penyerahan disaksikan oleh Jajaran Pemerintah Provinsi Papua Barat, Asisten III Setda Kota Sorong, Wadanlantamal XIV Sorong, forum komunikasi pimpinan Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Sorong.

    14068590_883356455101812_1740214259665125411_o 14086274_883357668435024_8575978731884450181_oBantuan tersebut diserahkan untuk merangsang, menghidupkan dan merupakan bagian dari kegiatan pemberdayaan kelompok nelayan dan kegiatan pemberdayaan ekonomi lainnya di wilayah pesisir sebagai alat transportasi dalam menunjang operasional pemerintah distrik sehingga kegiatan pelayanan masyarakat dapat terlaksana secara maksimal hingga ke kampung-kampung.
    Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat mengurangi kemiskinan yang saat ini menjadi perhatian utama dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten atau Kota sehinga berdampak pada keberlanjutan pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir dan distrik.

    Gubernur Provinsi Papua Barat juga berpesan kepada para penerima bantuan agar menggunakan bantuan secara baik dan bertanggung jawab sehingga terjadi peningkatan aktivitas masyarakat pesisir dan distrik baik berupa penangkapan dan penjualan ikan serta kegiatan usaha ekonomi lainnya.
    Adapun bantuan pemerintah Provinsi Papua Barat melalui APBD, badan pemberdayaan masyarakat Tahun Anggaran 2016 berupa bantuan perahu fiber dan motor tempel 15 PK bagi masyarakat pesisir lokal Papua di Kabupaten dan Kota berjumlah 235 unit dengan rincian untuk Kota Sorong diberikan sebanyak 25 unit, sementara Manokwari, Raja Ampat, Sorong Selatan, Teluk Bintuni, Kaimana dan Manokwari Selatan masing-masing diberikan sebanyak 35 unit.
    Bantuan untuk kepala distrik pada 6 Kabupaten diberikan sebanyak total 25 unit, diantaranya bantuan Longboat untuk distrik di Raja Ampat sebanyak 5 unit, untuk Sorong Selatan, Fakfak, Teluk Bintuni, Kaimana, dan Teluk Wondama diberikan masing-masing sebanyak 4 unit longboat.
    Sementara bantuan fasilitasi usaha untuk masyarakat pesisir diberikan perahu fiber dan motor katinting kepada Kabupaten Sorong sebanyak 30 unit.

    Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga berpesan agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan rasa tanggung jawab dan jangan menyimpan atau menjualnya untuk keperluan keluarga sendiri karena penerima bantuan ini merupakan hasil koordinasi antara Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Papua Barat dengan beberapa instansi lain yang terkait dengan proposal bantuan yang sudah pernah diterima.
    “Harapan saya agar kelompok penerima dapat memanfaatkan hal ini secara baik untuk perbaikan peningkatan ekonomi keluarga dan ekonomi bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah pesisir” tandasnya.

    Komentar Anda

    Leave a Reply

    Video Profil Kota Sorong

    Kegiatan Walikota & Wakil

    Facebook Fanspage

    WALIKOTA SORONG MENINJAU PEMBANGUNAN PASAR REMU DAN PASAR MODERN
    =============================================
    Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M melakukan turun lapangan untuk meninjau pembangunan sarana publik, Pasar Remu dan Pasar Modern Rufei, Senin (20/11).

    Dalam tinjauan ke pasar remu yang dilakukan bersama Dinas PU dan Dinas Perdagangan Kota Sorong, Wali Kota memerintahkan dinas terkait untuk segera melakukan pendataan.

    "Kita bangun sesuatu harus dilihat secara dekat, Kalau tidak, apa artinya sesuatu yang kita bangun di daerah ini. Jadi kita harus melihat pasar remu yang beberapa waktu lalu terbakar dan sudah kita renovasi kembali. Pasar remu sudah selesai dan saya perintahkan secepatnya dinas teknis untuk melakukan pendataan dan penginputan SK agar saya tanda tangani dan lapak dibagi sesuai kepemilikan awal," Kata Walikota.

    Mama-mama Papua yang menjadi prioritas utama mengajukan keberatan dan dianggap wajar oleh wali kota. "Keluhan itu wajar, jadi Pemerintah sebagai tempat penampung aspirasi harus mendengar. Mereka hanya mengeluh untuk perbaikan tempat yang mereka pakai untuk berjualan saat ini. Mereka tidak mau kemana2. Mereka tetap ingin ada di tempat yang sekarang, hanya saja mereka minta agar dibuat jd bagus," Ucap Wali Kota.

    Wali Kota mengungkapkan agar mama Papua memberikan kesempatan kepadanya untuk meresmikan pasar modern rufei, lalu mama Papua pindah ke pasar modern dari pasar remu agar pasar remu dapat disusun dan ditata bagus.
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    KOTA SORONG MENDAPAT KUNJUNGAN DARI TARUNA KRI ABDUL HALIM PERDANA KUSUMA
    ============================================
    Pemerintah Kota Sorong menyambut dengan hangat kedatangan Taruna AAL tingkat IV angkatan 63 tahun 2017 di Kota Sorong. Dalam kunjungan ke Kantor Wali Kota Sorong, taruna bersama Komandan KRI, beserta perwira pendamping diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Sorong Dra. Welly Tigtigweria, di dampingi Asisten III, serta beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, bertempat diruang Anggrek, Kamis (16/11).

    Komandan KRI Abdul Halim Perdana Kusumah Letkol Laut (P) Tunggul mengatakan, tujuan kedatangan taruna di Sorong untuk melakukan kegiatan silaturahmi dengan beberapa Kepala Daerah, Danrem, Kapolres dan Muspida lainnya. Selain itu juga akan melakukan promosi ke beberapa sekolah yang ada di Kota dan Kabupaten Sorong.

    Dihadapan taruna, Sekda Kota Sorong mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi kedatangan taruna. Pemerintah Kota Sorong juga mendukung kegiatan yang akan dilakukan selama berada di Sorong.
    ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    SELAMAT MEMASUKI BULAN NATAL 2017. ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Info Bimtek Andalas Institut LPP Akreditasi "B" LKPP RI 3 : ... See MoreSee Less

    View on Facebook

    Info Bimtek Andalas Institut LPP Akreditasi "B" LKPP RI 2 : ... See MoreSee Less

    View on Facebook
     
    Copyright © 2013 - 2014 | Website Resmi Pemerintah Kota Sorong
    Website ini dikelola oleh Kantor PDE Kota Sorong